Nama : Lufita Widiana
Nim : 01215008
SEJARAH
BERDIRINYA LARITTA BAKERY
Berdirinya Laritta Bakery diawali
dari sebuah usaha rumahan di Jakarta. Lim Rita Sari, pendiri Rita’s Cookies
(cikal bakal Laritta Bakery) mulai menerima pesanan kue tart dari rumah. Tak
disangka, kue tart buatannya disukai oleh banyak orang. Kenikmatan Kue Tart
buatan Rita menyebar dari mulut ke mulut hingga sampai ke orang nomor satu di
Indonesia.
Kesuksesannya di Jakarta tidak membuatnya lupa akan kota kelahirannya. Pada 1975, Rita pindah ke Surabaya dan mendirikan usaha salon khusus wanita. Namun, hasratnya untuk terus membuat kue tidak pernah padam. Ditengah kesibukannya mengelola salon, Rita terus membuat kue kering yang diberikannya untuk pelanggan salon maupun untuk kerabat-kerabat di momen-momen khusus.
Kesuksesannya di Jakarta tidak membuatnya lupa akan kota kelahirannya. Pada 1975, Rita pindah ke Surabaya dan mendirikan usaha salon khusus wanita. Namun, hasratnya untuk terus membuat kue tidak pernah padam. Ditengah kesibukannya mengelola salon, Rita terus membuat kue kering yang diberikannya untuk pelanggan salon maupun untuk kerabat-kerabat di momen-momen khusus.
Hal tersebut terus berlanjut hingga
krisis ekonomi melanda Indonesia pada 1998. Rita membuat pilihan yang dapat
dibilang nekat ketika itu. Rita justru memulai usaha bakery. Usaha tersebut
berjalan lancar, hingga akhirnya pada 2002, outlet pertama Rita’s Cookies
didirikan. Saat itu, fokus Rita adalah membuat kue kering (cookies).
Bisnis Rita’s Cookies terus maju hingga pada tahun 2010, Rita merasakan perkembangan bisnisnya melambat. Setelah berpikir panjang dan melakukan diskusi dengan keluarganya, Rita memutuskan untuk melakukan perombakan manajemen untuk mengembangkan usahanya.
Bisnis Rita’s Cookies terus maju hingga pada tahun 2010, Rita merasakan perkembangan bisnisnya melambat. Setelah berpikir panjang dan melakukan diskusi dengan keluarganya, Rita memutuskan untuk melakukan perombakan manajemen untuk mengembangkan usahanya.
Berdirinya
Laritta Bakery
Akhirnya, dengan pertimbangan
matang, Rita mengubah nama Rita’s Cookies menjadi Laritta pada 2010.Albert,
anak bungsu Rita memegang penuh manajemen harian Laritta dan Rita masih tetap
melakukan keputusan strategis terutama terkait dengan resep produk-produk baru
Laritta.
Laritta mulai mengembangkan
produknya dan tidak hanya menjual cookies saja, namun juga menyediakan roti,
jajanan pasar, tart, pudding, dan berbagai varian produk bakery lainnya. Saat
ini, Laritta menyediakan 200 lebih varian produk
untuk mengikuti perkembangan tren bakery sekaligus untuk memenuhi permintaan
pelanggan akan produk bakery yang berkualitas.
Keputusan Rita untuk menyerahkan
sepenuhnya manajemen Laritta kepada Albert tidak salah. Di tangan Albert,
Laritta berubah dari usaha rumahan yang hanya memiliki 1 outlet hingga memiliki
9 outlet
pada tahun 2017.
Pemesanan
Roti, Kue Tradisional, dan Kue Tart
Selain menyediakan roti, kue
tradisional, dan kue tart untuk penjualan secara retail di outlet-outlet kami,
Laritta Bakery juga menerima pemesanan roti, kue tradisional, dan kue tartuntuk
event spesial Anda. Laritta Bakery telah berpengalaman untuk menyediakan produk
dalam jumlah besar untuk berbagai acara dengan tetap mempertahankan standar
kualitas Laritta Bakery.
Pemesanan dapat dilakukan dengan
cara datang ke salah satu outlet kami, melalui hotline telepon, maupun melalui
website ini. Anda bebas memilih untuk mengambil pesanan Anda di salah satu outlet Laritta
(saat ini kami telah memiliki 9 outlet yang tersebar di Surabaya). Selain itu,
dengan minimal nilai pemesanan tertentu, kami dapat mengirimkan pesanan
langsung ke tempat Anda.
Alasan mengapa memesan roti di
Laritta Bakery merupakan pilihan terbaik bagi Anda:
- Sering Menangani Pesanan Dalam Jumlah Sangat Besar
Kapasitas produksi Laritta Bakery dapat memenuhi pesanan hingga 35.000 roti dalam satu hari. Pemesanan dapat dilakukan paling lambat 24 jam (1 hari) sebelum waktu pengambilan/ pengiriman pesanan.
- Produk Selalu Baru & Segar
Kami menjumpai banyak produsen roti yang menyimpan stock roti selama lebih dari 1 hari ketika mereka menerima pesanan dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan karena kapasita produksi yang tidak memadai. Tapi, Laritta Bakery melakukan yang lebih baik untuk Anda. Seluruh roti pesanan di Laritta Bakery dijamin baru karena diproduksi kurang dari 24 jam dari waktu pengambilan/ pengiriman pesanan.
- Pilihan Produk dan Harga Beragam
Laritta Bakery menyediakan lebih dari 243 varian produk utama mulai dari harga Rp.3.000,-. Dengan tersedianya beragam pilihan produk, Anda lebih bebas memilih varian produk yang sesuai untuk event spesial Anda.
- Layanan Pesan Antar Luar Kota
Jika acara Anda dilaksanakan di wilayah di luar lokasi outlet Laritta Bakery (Surabaya), Anda tidak perlu khawatir. Laritta Bakery menyediakan layanan kirim hingga luar kota. Saat ini, kami dapat mengirim pesanan roti hingga Malang, Batu, Gresik, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Lamongan, Tuban, Probolinggo, Jombang, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Mojokerto. Anda juga berhak memperoleh gratis ongkos kirim jika memenuhi minimal nominal pemesanan tertentu.
- Gratis Kemasan Eksklusif
Harga produk kami sudah meliputi kemasan (box) eksklusif sehingga tampak mewah ketika Anda menyajikannya di acara spesial Anda. Selain itu, kami dapat menyediakan kemasan (box) dengan desain khusus untuk pesanan dalam jumlah tertentu (tanpa biaya tambahan). -
-
- Halal
Seluruh produk Laritta Bakery sudah disertifikasi halal oleh MUI (Majelis Ulama )Indonesia) dengan nomor sertifikat 07200037631116.
MembershipUntuk memanjakan pelanggan setia Laritta, kami menyediakan fasilitas membership dengan berbagai keuntungan:- Promo Khusus Member Tiap Bulan
Kami selalu menyedian promo khusus untuk member setiap bulan. Dengan promo yang beragam member Laritta akan selalu mendapat keistimewaan dan manfaat lebih ketika berbelanja di Laritta Bakery. Promo tersedia untuk penjualan secara retail (langsung membeli di outlet kami) maupun untuk pemesanan. Anda dapat mengikuti informasi promo yang berlaku bulan ini dengan memantau halaman informasi Promo Laritta,dengan Like halaman resmi Facebook Laritta, atau Follow Instagram Laritta.
- Diskon 40% untuk Pembelian Kue Tart
Setiap member Laritta berhak atas diskon 40% untuk pembelian kue tart. Diskon tersebut dapat digunakan untuk pembelian kue tart baik bagi member yang bersangkutan maupun untuk diberikan pada kerabat. Diskon khusus ini dapat digunakan sebanyak 1 kali selama setahun.
- Point untuk Tiap Transaksi
Laritta memberikan 1 point untuk setiap Rp.2.500,- yang dibelanjakan member Laritta. Akumulasi point tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai merchandise Laritta.
Untuk menjadi member Laritta, Anda hanya perlu datang ke salah satu outlet kami dengan membawa kartu identitas (KTP/SIM). Biaya registrasi member adalah Rp.25.000,- atau dapat diperoleh secara GRATIS dengan transaksi minimal Rp.250.000,-.Layanan Kirim GRATIS Hingga Luar Kota (Jawa Timur)Kami menyediakan layanan kirim gratis hingga luar kota Surabaya dengan syarat minimal nominal transaksi. Jika pesanan Anda tidak mencapai minimal nominal transaksi yang ditentukan, kami dapat membantu mengirimkan dengan biaya kirim tambahan. Silakan lakukan konfirmasi kepada staff kami untuk mengetahui rincian tarif pengiriman ke tujuan kirim Anda.STRATEGI KEPUASAN PELANGGANRita dan Albert sadar bahwa perkembangan pesat Laritta tidak lepas dari dukungan para pelanggan setia Laritta. Hingga saat ini, mereka terus berhubungan baik dengan pelanggan-pelanggan lama dan berusaha mengenal pelanggan barunya dengan lebih baik.
Setiap kritik dan saran dari pelanggan ditanggapi dengan cepat dan solutif. Albert sadar bahwa kritik dan saran pelanggan sangat berarti bagi Laritta agar dapat melayani pelanggannya dengan lebih baik. Laritta terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan untuk dapat meningkatkan kepuasan setiap pelanggannya.VISI MISI LARITTA BAKERYVISI :Menjadi Perusahaan yang TERDEPAN & TERBAIK dalam usaha roti, kue, dan makanan. Baik dari cita rasa produk dengan mutu kualitas tinngi dan variatif serta sumber daya manusia yang mampu melakukan pelyanan dan penyajian terbaik dengan tujuan untuk dapat memuaskan pelangganMISI :· Menyajikan roti, kue & makanan yang bercita rasa· Memberikan kepuasan pelanggan dengan cepat, tepat dan santun· Menunjukan komitmen yang nyata dalam pengembangan sumber daya manusia secara berkesinambunganTUJUAN :· Menjadikan roti, kue dan makanan cepat saji produksi anak negri· Mempelapori peluasan usaha produksi roti, kue dan makanan ke level regional dan internasional· Mengoprasikan kegiatan usaha yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang sehat dan bergizi, serta daya saing yang kuat untuk terus meningkatkan penjualan produk hingga sampai ujung duniaSASARAN :· Selalu berusaha mengembangkan usahanya tiap tahunnya agar memperoleh laba lebih dari yang ditargetkan· Mengevaluasi apabila terjadinya penurunan omzet dengan mencari penyebab sehingga dapat melakukan perbaikan agar mencapai target yang diberikan.· Memberikan banyak promo untuk menarik daya minat konsumenANALISIS KOMPETENSI (SUMBER DAYA SAING)ANALISA SWOTLaritta Bakery ini mempunyai kualifikasi dan dapat dianalisa dengan analisa SWOT sebagai berikut:Strength (kekuatan)
1. Laritta Bakery merupakan brand yang sudah terkenal baik di Jakarta dan Surabaya2. Jangkauan pemasaran yang sangat luas3. Rasa serta tekstur roti yang lembut4. produk kelas (berbagai macam varian roti),5. Mampu menjual melalui sistem jaringan online6. Memiliki karyawan yang profesional7. Brand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modern8. Produknya yang fresh dan terasa enak di lidah9. Memiliki tempat yang bersih dan nyaman10. Aroma roti yang menggiurkan11. Peralatan yang bersih dan higienis serta koki-koki yang cekatan12. Selalu mengikuti moment special dan menciptakan varian baru dimomen tersebutWeakness (kelemahan)1. Kalangan menengah sampai menengah ke atas2. Tidak tahan lama3. Tidak ada unitynya pada kemasan produknya4. Struktur organisasi yang terlalu luas5. Manajemen yang cukup rumit6. Layanan pesan antar yang masih kurang7. Promosi dan iklan belum menyeluruh kepada masyarakat8. Produk masih kurang berfariasiOpportunity (peluang)1. Menjaga kualitas produk dan menjaga kepercayaan masyarakat2. Suplai bahan produksi banyak tersedia3. Peluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat yang sangat besar4. Belum terlalu banyak kompetitor untuk insustri roti berskala besar yang menggunakan fasilitas produksi berkualitas tinggi pada proses produksinya5. Perubahan pola makan masyarakat yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasi6. Kegiatan bisnis yang semakin meluas7. Roti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari8. Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk menjual produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam penjualan lebih efisienThreat (ancaman)1. Banyaknya persaingan yang ada, bahakan terkadang terkesan meniru demi merebut pasaran di masyarakat.2. Banyaknya pesaing yang melakukan cara kotor seperti menjatuhkan nama produk dengan melontarkan pernyataanpernyataan yang tidak benar3. Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk4. Kegiatan layanan yang inivatif dan menarik5. Perubahan teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyak6. Banyak outlet-outlet yang sudah modern yang menjadi daya saing Holland Bakery7. Harga pasaran yang seringkali berubah-ubah menjadi ancaman bagi Holland Bakery8. Selera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempat
9. Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelangganAnalisa SMART Laritta Bakery· Simple :Sebagai Pelopor international Produk Yang Berkonsep Gaya SehatPembuktian :Bisa dilihat dari TUJUAN Perusahaan yaitu untuk Mengoprasikan kegiatan usaha yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang sehat dan bergizi, serta daya saing yang kuat untuk terus meningkatkan penjualan produk hingga sampai ujung dunia .dari tahun ke tahun semakin meningkat terlihat dari berbagai penghargaan yang diperolehnya dan laba bersih serta minat konsumen akan kebutuhan roti.· Measurable :Jelas, nyata dan mampu menjadi motivasi bagi karyawan-karyawannyaPembuktian :Bisa dilihat dari visi perusahaan yaitu terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan. Menjadi Perusahaan yang TERDEPAN & TERBAIK dalam usaha roti, kue, dan makanan. Baik dari cita rasa produk dengan mutu kualitas tinngi dan variatif serta sumber daya manusia yang mampu melakukan pelyanan dan penyajian terbaik dengan tujuan untuk dapat memuaskan pelanggan. Hingga mampu membuat perusahaan Laritta Bakery tetap terus berkembang setiap tahunnya.· Aplikabel :Layak atau perusahaan yang mampu mewujudkan niatnyaPembuktian :Larrita Bakery mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan Perusahaan dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki dan begitu banyak outlet-outlet di Surabaya Sehingga membuat nama Laritta Semakin Besar· Reliabel :Sesuai dengan harapan dan perkembangan jaman atau realita kehidupan masyarakatnyaPembuktian :Konsep Modern outlet Merupakan aplikasi guna menarik pelanggan Larrita Bakery dengan konsep-konsep yang selalu modern akan semakin banyak pelanggannya karena Kenyamanan saat Berbelanja Menjadi sesuatu yang diperhatikan oleh manajemen.Selain itu . Laritta Bakery menyediakan layanan kirim hingga luar kota.· Time Able :Memiliki tenggang waktu untuk mencapai tujuannyaPembuktian :Laritta Bakery mampu mencapai tujuannya setiap tahunnya bisa dilihat dari omzet pertahunnya.ANALISIS DAYA SAING PT LARITTA BAKERY
1. Sumber daya yang dimiliki :- Berwujud
- Memiliki banyak cabang outlet di surabaya
- Memiliki tempat memproduksi roti
- Memiliki segmentasi produk yg beragam mulai untuk kegitan pesta, kajian, dll
- Bahan produk berkualitas dan tahan lama
- Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi roti
- Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Surabaya
- Memiliki pelayanan pesan antar luar kota
- Tak berwujud
Sertifikat HALAL dari MUI Indonesia2. Kemampuan Kumpulan Sumber Daya- Memiliki banyak cabang store
- Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak di Surabaya
- Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
- Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi roti
- Memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
3. Kopetisi Inti Sumber Keunggulan Bersaing- Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
- Memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
- Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
4. Keunggulan bersaing Yang BerkesinambunganKami selalu menyedian promo khusus untuk member setiap bulan. Dengan promo yang beragam member Laritta akan selalu mendapat keistimewaan dan manfaat lebih ketika berbelanja di Laritta Bakery. Promo tersedia untuk penjualan secara retail (langsung membeli di outlet kami) maupun untuk pemesanan. Anda dapat mengikuti informasi promo yang berlaku bulan ini dengan memantau halaman informasi Promo Laritta,dengan Like halaman resmi Facebook Laritta, atau Follow Instagram Laritta5. Daya SaingDengan produk yang bersertifikat halal dan tempat yang layak dan menarik dengan memiliki ciri khas outlet modern akan meningkatkan nilai tambah perusahaan. Laritta Bakery mengutamakan cita rasa roti berkualitas tetapi dengan harga terjangkau, karena cita rasa yang berkualitas tidak harus selalu dengan harga yang mahal.
TABEL IFAS & EFASKONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE STENGTHFAKTOR INTERNALSTRENGHTManajemenSesuai dengan organisasi yang berlakuProduksiProduknya yang fresh dan terasa enak di lidahBrand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modernMarketingJangkauan pemasaran yang sangat luasFasilitasTempat yang bersih dan nyamanTeknologiMampu menjual melalui sistem jaringan onlineDistribusiJenis roti yang beragamSDMMemiliki karyawan yang professionalKUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KEKUATAN (STRENGHT)FAKTOR STRATEGISNILAIBOBOTRATINGSKORSesuai dengan organisasi yang berlaku20,0830,24Produknya yang fresh dan terasa enak di lidahBrand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modern340,120,16330,360,48Jangkauan pemasaran yang sangat luas30,1230,36Tempat yang bersih dan nyaman30,1220,24Mampu menjual melalui sistem jaringan online30,1220,24Jenis roti yang beragam30,1220,24Memiliki karyawan yang profesional40,1630,48TOTAL251212,64UKURAN PEMBOBOTANUKURAN RATING1 = Sedikit Penting2 = Agak Penting3 = Penting4 = Sangat Penting1 = Sedikit Kuat2 = Agak Kuat3 = Kuat4 = Sangat Kuat
KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE WEAKNESSFAKTOR INTERNALWEAKNESSProduksiTidak tahan lamaProduk kurang berfariasiTidak ada unitnya pada kemasanPromosiPromosi dan iklan belum menyeluruh kepada masyarakatDistribusiLayanan antar kurangStruktur OrganisasiStruktur organisasi yang terlalu luasSDMManajemen yang cukup rumitKUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KELEMAHAN (WEAKNESS)FAKTOR STRATEGISNILAIBOBOTRATINGSKORTidak tahan lamaProduk kurang berfariasi saat di hidangkan330,230,23-2-2-0,46-0,46Layanan antar kurang30,23-2-0,46Struktur organisasi yang terlalu luas20,15-3-0,45Manajemen yang cukup rumit20,15-3-0,45TOTAL13112-2,28UKURAN PEMBOBOTANUKURAN RATING1 = Sedikit Penting2 = Agak Penting3 = Penting4 = Sangat Penting-1 = Sedikit Lemah-2 = Agak Lemah-3 = Lemah-4 = Sangat LemahTOTAL SKOR TABEL IFAS= TOTAL SKOR KEKUATAN (STRENGHT) + TOTAL SKOR KELEMAHAN (WEAKNESS)2,64 + (-2,28) = 0,36
KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL (ETOP) OPPORTUNITYFAKTOR EKSTERNALOPPORTUNITYPolitikPeluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat Indonesia yang sangat besarEkonomiKegiatan bisnis yang semakin meluasSocial KulturRoti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hariPerubahan pola makan masyarakat Indonesia khusunya di kota-kota besar yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasiSupplierSuplai bahan produksi banyak tersediaKUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI PELUANG (OPPORTUNITY)FAKTOR STRATEGISNILAIBOBOTRATINGSKORPeluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat Indonesia yang sangat besar30,2020,40Kegiatan bisnis yang semakin meluas30,2020,40Roti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari – hariPerubahan pola makan masyarakat Indonesia khusunya di kota-kota besar yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasi330,200,20220,400,40Suplai bahan produksi banyak tersedia30,2020,40TOTAL151102,00UKURAN PEMBOBOTANUKURAN RATING1 = Sedikit Penting2 = Agak Penting3 = Penting4 = Sangat Penting1 = Sedikit Peluang2 = Agak Peluang3 = Peluang4 = Sangat Peluang
KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL (ETOP) THREATFAKTOR EKSTERNALTHREATTeknologiPerubahan teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyakPesaingPersaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelangganSocial KulturSelera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempatKUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI ANCAMAN (THREAT)FAKTOR STRATEGISNILAIBOBOTRATINGSKORPerubahan teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyak30,33-2-0,66Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelanggan30,33-2-0,66Selera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempat30,33-2-0,66TOTAL9161,98UKURAN PEMBOBOTANUKURAN RATING1 = Sedikit Penting2 = Agak Penting3 = Penting4 = Sangat Penting-1 = Sedikit Peluang-2 = Agak Peluang-3 = Peluang-4 = Sangat PeluangTOTAL SKOR TABEL EFAS= TOTAL SKOR PELUANG (OPPORTUNITY) + TOTAL SKOR ANCAMAN (THREAT)2,00 + (-1,98) = 0,02DIAGRAM SWOT (LARITTA BAKERY)
Berdasarkan nilai bobot dan rating setiap unsur matrik di atas, maka diketahui bahwa posisi perusaaahn saat ini berada pada kuadran I, yaitu kuadran combination yang terletak pada titi koordinat (0.02,0.36).
KUADRANPOSISI TITIKLUAS MATRIKRANKINGPRIORITAS STRATEGII(SO)2,64;2,005,281GROWTHII(ST)2,64;1,985,222COMBINATIONIII(WT)2,28;1,984,514RENTRECHMENTIV(WO)2,28;2,004,563STABILITY1. Pada kuadran I (SO Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.2. Pada kuadran II (ST Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.3. Pada kuadran III (WO Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.4. Pada kuadran IV (WT Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.MATRIKS SWOTSTRENGHT(KEKUATAN)WEAKNESS(KELEMAHAN)Tenaga SDM yang profesionalLayanan Delivery yang masih kurangOPPORTUNITY(PELUANG)Dibandingkan dengan kompetitor lain produk Holland Bakery lebih freshSTRATEGI S-OPengembangan produk yang lebih bervariasi, bisa menciptakan produk baru saat ada spesial momentSTRATEGI W-OLebih dikembangkan lagi agar masyarakat mengetahui semua produk yang ditawarkanTHREAT(ANCAMAN)Semakin banyaknya usaha roti yang sejenisSTRATEGI S-THarga diharapkan dapat menjangkau pada semua kalangan masyarakat bukan hanya kalangan atas sajaSTRATEGI W-TKegiatan promosi harus lebih ditingkatkan agar masyarakat mengetahui apa saja produk yang ditawarkan serta tarif yang terjangkau
VARIASI STRATEGISTRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN I :Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan.Pengembangan Produk ( Product Development)Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.Strategi yang digunakan :- Peluncuran Varian Baru Chocolate Cherry Cake, Fruit Cake special, dan Cranberry Toffee Brownis dan menu yang paling unggul salah satunya adalah lapis legit
- Dibandingkan dengan produk pesaing, Larrita Bakery, mampu membuat konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, inovasi, rasa, harga, karena terbuat dari bahan dasar yang fress dan berkualitas tinggi.
- Perusahaan memiliki kemampuan riset dan pengembangan, yaitu survey langsung kelapangan
Kaitannya dengan kuadran I ( SO Strategi )Produsen lain belum memikirkan pengembangan produk yang memberikan perlengkapan dan peralatan yang canggih dan bagaimana menekankan produk pada titik kualitas yang lebih diutamakan. Larrita Bakery menjadi pelopor yang mengambil kesempatan tersebut untuk memberikan kepercayaan dan kenyamanan konsumen terhadap produk Larrita Bakery.STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN II :Pada Kuadran II ( S T Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.Diversifikasi Horisontal (Horizontal Diversification)Menabah produk baru yang tidak berhubungan dengan tujuan memuaskan pelanggan yang sama.Strategi yang digunakan :- Membuat Image Larrita Bakery lebih terkenal di masyarakat, sehingga konsumen lebih tertarik pada Larrita Bakery
- Terus menerus melakukan inovasi produk agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya
- Perhatian lebih pada kualitas, produk, inovasi dan kepemimpinan harga dengan tetap mengedepankan kualitas.
Kaitannya dengan Kuadran II ( ST Strategi)Meningkatkan total penjualan dan profit perusahaan untuk mampu bersaing dengan produsen sejenis dari luar kota yang lebih terkenal sehingga Larrita Baakery lebih terkenal dimasyrakat, dengan cara terus menerus melakukan inovasi produk yang lebih memperhatikan kualitas, produk kepemimpinan harga yang tetap mengedepankan kualitas cita rasa.STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN III :Pada Kuadran III ( W O Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.Pengembangan Produk (Product Development)Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.Strategi yang digunakan :- Peluncuran produk baru yang kualitasnya lebih unggul di kalangan masyarakat
- Dibandingkan dengan produk pesaing, Larrita Bakery diproses agar lebih fress, lembut, dan tahan lama karena bahan dasar yang digunakan berkualiatas tinggi.
- Larrita Bakery tidak perlu melakukan survy dalam hal pengembangan produknya karena Larrita Bakery memiliki anak perusahaan yang segmen pasar dikalangan pekerja, mahasiswa, dan anak sekolahan.
Kaitannya dengan Kuadran III (WO Strategi) :Presepsi pelanggan dengan Larrita Bakery cenderung memiliki harga yang berfariasi, namun saat Larrita Bakery menyediakan produk-produk baru dengan harga lebih terjangkau namun tidak menurunkan kualitas produk. Sehingga tetap menarik konsumen kelas menengah untuk membeli produk Larrita Bakery yang memiliki nama dan kepercayaan sebagai produk yang berkualitas dan inovatif.STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN IV :Pada Kuadran IV (W T Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.Diversifikasi Konglomerat (Conglomerate Diversification) :Menambah produk-produk baru yang tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.Strategi yang digunakan :Menambah produk baru dengan cara mengembangkan ide-ide baru, pemberian discound, dan menambah kapasitas yang lebih besar dari produk yang sudah ada.Kaitannya dengan kuadran IV (WT Strategi):Dengan berfokus kepada produk yang diminati konsumen, perusahaan dapat mengembangkan dana yang ada untuk mengembangkan produk baru dengan inovasi terbaru yang diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk pertumbuhan Larrita Bakery.ANALISIS STRATEGI BISNIS UNITStrategi Bisnis Unit (SBU) yang diterapkan menciptakan produk baru yang berkualitas tinggi dengan harga-harga yang lebih terjangkau.Strategi yang dilakukan dengan menambah adanya produk baru tetapi masih terkait dengan produk saat ini dan memiliki terkaitan dalam kesamaan.Contohnya :yang memiliki kualifikasi :- · Berbahan ringan
- · Tekstur lembut
- · Tidak berkalori tinggi
- · Aroma yang cukup pekat di lidah
DIFFERENSIASIDiferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image brand, bahan ataupun pelayanan.Strategi Differensiasi ini dipilih karena :1. Ketrampilan dan Sumber Daya Umum yang diperlukan- Jaringan distribusi penyebaranproduk, outlet yang hampir banyak disetiap kota Surabaya dan sekitarnya
- Mampu memproduksi roti dan cita rasa yang berkualitas
- Pembagian divisi kerja yang jelas
2. Bakat yang kreatif, perekayasaan produk, kemampuan yang kuat dalam riset dasarLarrita Bakery memiliki segala sumberdaya untuk melakukan perekayasaan produk untuk menghasilkan produk inovasi yang lebih berkualitas lagi3. Strategi yang lama dalam industri atau gabungan yang unik dari ketrampilan yang diambil dari usaha-usaha yang lain- Awal mula berdirinya Larrita, hanya memiliki beberapa varian produk roti dan saat ini Larrita Bakery telah memproduksi begitu banyak varian roti
- Larrita Bakery memiliki produk yang berkualitas dan akan dikembangkan terus
5. Kerjasama yang kuat dari saluran-saluran diseluruh provinsi yang ada di IndonesiaVALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING)1. Anggaran PenjualanUntu memudahkan, saya mengambil contoh produk dari LARRITA BAKERY yaitu donat.Laporan 1Larrita BakeryAnggaran PenjualanUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017KuartalTahun12345Unit1.0001.5001.8002.2002.5009.000Harga jual per unit6.0006.0006.0006.0006.0006.000Anggaran penjualan6.000.0009.000.00010.800.00013.200.00015.000.00054.000.0002. Anggaran Produksi· Anggaplah kebijakan perusahaan mensyaratkan 30% penjualan kuartal berikutnya harus tersedia di persediaan akhir. Persediaan awal donat untuk kuartal pertama berjalan adalah 200 donat.· Perusahaan menginginkan adanya 450 donat dalam persediaan akhir di akhir kuartal pertama (30% x 1.500 = 450)Laporan 2Holland BakeryAnggaran ProduksiUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017KuartalTahun12345Penjualanpers.Akhir yg diinginkan1.0004501.5004701.8004902.2005002.5004009.000400Jmlh kebutuhanDikurangi: pers.Awal1.450(200)1.970(250)2.290(300)2.700(350)2.900(400)9.400(200)Unit yg diproduksi1.2501.7201.9902.3502.5009.2003. Anggaran Pembelian Bahan Baku· Anggaplah tiap Tepung (seharga Rp. 7.500) dan Minyak Goreng (seharga Rp. 8.500)· Kebijakan perusahaan memiliki 20% dari kebutuhan produksi bulan berikutnya· Asumsikan pabrik memiliki 2,5 kg Tepung dan 250 L Minyak Goreng· Dalam satuan unit pabrik membutuhkan 5 sendok Tepung dan 200 ml Minyak GorengLaporan 3Larrita BakeryAnggaran Pembelian Bahan Baku LangsungUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017KuartalTahun12345TepungUnit yg diproduksiBahan baku langsung perunit1.25051.72051.99052.35052.50059.2005Kebutuhan produksiPers.akhir yg diinginkan6.2502508.6003009.95035011.75040012.50045046.000450Jmlh kebutuhanDikurangi: Pers.awal6.5002008.90025010.30030012.15035012.95040046.450200Bahan baku langsung yg dibeliBiaya pertepung6.3007.5008.6507.50010.0007.50011.8007.50012.5507.50046.2007.500Jmlh biaya pembelian tepungMinyak GorengUnit yg diproduksiBahan baku langsung perunit47.250.0001.25020064.875.0001.72020075.000.0001.99020088.500.0002.35020094.125.0002.500200346.500.0009.200200Kebutuhan produksiPers.akhir yg diinginkan1.4502501.9202002.1902802.5503002.7003259.400325Jmlh kebutuhanDikurangi: pers.awal1.7002502.1903002.4703252.8503503.0253759.725400Bahan baku langsung yg dibeliBiaya perminyak goreng1.9508.5002.4908.5002.7958.5003.2008.5003.4008.50010.1258.500Jmlh biaya pembelian minyak gorengJmlh biaya pembelian bahan baku langsung16.575.00063.825.00021.165.00086.040.00023.757.50098.757.50027.200.000115.700.00028.900.000123.025.00086.062.500432.562.50064. Anggaran Tenaga Kerja Langsung· Anggap saja 100 pc membutuhkan 8 jam tenaga kerja langsung, maka watu tenaga kerja langsung per donat adalah 0,8 jam (8/100 = 0,8)· Untuk wilayah Surabaya anggap saja gajinya Rp. 2.800.000 maka Rp. 2.800.000/30 = Rp. 93.333· Rp. 93.333/8 jam kerja = Rp. 11.667 (pembulatan)Laporan 4Larrita BakeryAnggaran Tenaga Kerja LangsungUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017KuartalTahun12345Unit yg di produksijam tenaga krj langsung per unit1.2500,81.7200,81.9900,82.3500,82.5000,89.2000,8Jmlh jam yg dibutuhkanRata-rata upah per jam87011.6671.17011.6671.57011.6671.67011.6671.50011.6673.17011.667Jmlh biaya tenaga krj langsung10.150.29013.650.39018.317.19019.483.89017.500.50036.984.3905. Anggaran Overhead· Anggap saja kebijakan perusahaan menetapkan tarif overhead variabel adalah Rp. 2.000 per jam· Tenaga kerja langsung dan overhead tetap dianggarkan Rp. 5.000.000 (Rp. 1.000.000 per kuartal)Laporan 5Larrita BakeryAnggaran OverheadUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017KuartalTahun12345Jam tenaga krj langsung yg dianggarkanTarif overhead variable8702.0001.1702.0001.5702.0001.6702.0001.5002.0003.1702.000Overhead variable yg dianggarkanOverhead tetap yg dianggarkan1.740.0001.000.0002.340.0001.000.0003.140.0001.000.0003.340.0001.000.0003.000.0001.000.0006.340.0005.000.000Jmlh overhead2.740.0003.340.0004.140.0004.340.0004.000.00011.340.0006. Anggaran Persediaan Akhir Barang JadiLaporan 6Larrita BakeryAnggaran Persediaan Akhir Barang JadiUntuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017Perhitungan biaya perunit :Bahan baku langsung (2.000+Rp 10.000)Tenaga kerja langsung (0,8 jam @Rp 11.667)Overhead :Variabel (0,8 jam @Rp 2.000)Tetap (0,8 jam @Rp 1.578)Rp 12.000Rp 9.334Rp 1.600Rp 1.262Jumlah biaya per unitRp 24.196 - Halal
FLOWCHAT
CUSTOMER
|
PRAMUNIAGA
|
KOKI
|
KASIR
|
|||||||||
|
|
|
|
ANALISIS PERSAINGAN (DAYA SAING)
TABEL ANALISA PERSAINGAN HOLLAND
BAKERY DENGAN PESAING USAHA KAMPOENG ROTI
4P
|
KAMPOENG
ROTI
|
Larrita
Bakery
|
KETERANGAN
|
ACTION
PLAN
|
PRICE
|
Lebih murah
|
Standart
|
Harga produk Kampoeng Roti lebih
kompetitif dan dapat dijangkau oleh konsumen
|
Meluncurkan varian-varian baru
dengan harga yang terjangkau namun tidak mengurangi segi kualitas
|
PLACE
|
Tertentu
|
Tertentu
|
Hampir disemua kota ada outlet
Larrita Bakery karena penyebarannya cukup luas
|
Mempertahankan dan memanfaatkan
keunggulan tempat yang strategis
|
PRODUK
|
Unggul dari sisi harga yang lebih
rendah dibandingkan Larrita Bakery
|
Unggul dari sisi rasa, bergizi,
berkualitas, dan varian yang lebih modern
|
Posisi Kampoeng Roti cukup
mengancam jika konsumen mencari harga yang lebih murah
|
Melakukan inovasi secara terus
menerus dan meluncurkan beberapa varian baru dengan harga murah namun tidak
mengurangi segi kualitas
|
PROMOTION
|
Brosur dan media sosial
|
Website, pamflet, brosur, door to
door, da
|
Larrita Bakery memiliki sistem
promosi yang cukup luas
|
Melakukan promosi yang efektif dan
efisien serta ekonomis
|
COST
ADVANTAGE
|
DIFFERENTIATION
ADVANTAGE
|
MARKETING
ADVANTAGE
|
Variable Cost :
Larrita Bakery memaksimalkan
setiap biaya yang dianggarkan untuk memenuhi produk yang berkualitas
|
Product Advantage :
Produk yang dibuat Larrita Bakery
bersifat halal, enak, bergizi dan berkualitas. sangat cocok untuk kebutuhan
sehari-hari
|
Channel Advantage :
Laarita Bakery berkerja sama
dengan para pemasok yang memiliki bahan-bahan produksi yang berkualitas
|
Marketing Cost :
Larrita Bakery mampu menjual lebih
banyak produk kepada pelanggan yang sama karena telah memiliki reputasi yang
baik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pemasaran
|
Service Advantage :
Larrita Bakery memberikan
pelayanan yang didukung oleh para pemimpin yang handal dan ahli dibidangnya
|
Sales Foerce Advantage :
Pangsa pasar meluas hingga luar
negri
|
Operating Cost :
Biaya operasional Larrita Bakery
relatif lebih rendah dari pada pesaing
|
Reputation Advantage :
Larita Bakery memiliki reputasi
produk yang berkualitas tinggi
|
Brand Awareness :
Larrita Bakery mampu membuat
pembeli potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa Larrita Bakery
termasuk Brand kebutuhan sehari-hari
|
KETENTUAN
PROGRAM
|
INDIKATOR
|
UKURAN
|
TARGET
|
CAPAIAN
|
SKOR
KINERJA
|
Meningkatkan penjualan produk
|
Profit pendapatan
|
Persentase
|
10%
|
8%
|
80%
|
Mengembangkan inovasi-inovasi
varian baru
|
Produk yang diminati konsumen
|
Persentase
|
9%
|
6%
|
66,66%
|
Kepuasan pelanggan
|
Respon konsumen
|
Presentase
|
8%
|
5%
|
62,50%
|
Outlet & Cabang Laritta
Sejalan dengan komitmen Laritta Bakery untuk semakin dekat dengan pelanggan, saat ini Laritta Bakery memiliki 9 outlet yang tersebar di Kota Surabaya. Semua outlet Laritta Bakery beroperasi setiap hari mulai Pk. 06.00 - Pk.21.00.Berikut adalah daftar alamat lengkap seluruh outlet Laritta Bakery.
Outlet Laritta Nias (Pusat)
Jl. Nias No. 132
Surabaya
Telp: (031) 5054570
WA: 0896 1251 7407
Outlet Laritta Rungkut
Jl. Rungkut Madya No. 163
Surabaya
Telp: (031) 8715151
WA: 0895 6318 31980
Jl. Gayungsari Barat No.90Surabaya
Telp: (031) 8292904
WA: 0896 8723 4943
0 komentar:
Posting Komentar