Selasa, 08 Mei 2018

tugas Management Stategik


Nama      : Lufita Widiana
Nim         : 01215008



SEJARAH BERDIRINYA LARITTA BAKERY
Berdirinya Laritta Bakery diawali dari sebuah usaha rumahan di Jakarta. Lim Rita Sari, pendiri Rita’s Cookies (cikal bakal Laritta Bakery) mulai menerima pesanan kue tart dari rumah. Tak disangka, kue tart buatannya disukai oleh banyak orang. Kenikmatan Kue Tart buatan Rita menyebar dari mulut ke mulut hingga sampai ke orang nomor satu di Indonesia.
Kesuksesannya di Jakarta tidak membuatnya lupa akan kota kelahirannya. Pada 1975, Rita pindah ke Surabaya dan mendirikan usaha salon khusus wanita. Namun, hasratnya untuk terus membuat kue tidak pernah padam. Ditengah kesibukannya mengelola salon, Rita terus membuat kue kering yang diberikannya untuk pelanggan salon maupun untuk kerabat-kerabat di momen-momen khusus.
Hal tersebut terus berlanjut hingga krisis ekonomi melanda Indonesia pada 1998. Rita membuat pilihan yang dapat dibilang nekat ketika itu. Rita justru memulai usaha bakery. Usaha tersebut berjalan lancar, hingga akhirnya pada 2002, outlet pertama Rita’s Cookies didirikan. Saat itu, fokus Rita adalah membuat kue kering (cookies).
Bisnis Rita’s Cookies terus maju hingga pada tahun 2010, Rita merasakan perkembangan bisnisnya melambat. Setelah berpikir panjang dan melakukan diskusi dengan keluarganya, Rita memutuskan untuk melakukan perombakan manajemen untuk mengembangkan usahanya.
Berdirinya Laritta Bakery
Akhirnya, dengan pertimbangan matang, Rita mengubah nama Rita’s Cookies menjadi Laritta pada 2010.Albert, anak bungsu Rita memegang penuh manajemen harian Laritta dan Rita masih tetap melakukan keputusan strategis terutama terkait dengan resep produk-produk baru Laritta.
Laritta mulai mengembangkan produknya dan tidak hanya menjual cookies saja, namun juga menyediakan roti, jajanan pasar, tart, pudding, dan berbagai varian produk bakery lainnya. Saat ini, Laritta menyediakan 200 lebih varian produk untuk mengikuti perkembangan tren bakery sekaligus untuk memenuhi permintaan pelanggan akan produk bakery yang berkualitas.
Keputusan Rita untuk menyerahkan sepenuhnya manajemen Laritta kepada Albert tidak salah. Di tangan Albert, Laritta berubah dari usaha rumahan yang hanya memiliki 1 outlet hingga memiliki 9 outlet pada tahun 2017.



Pemesanan Roti, Kue Tradisional, dan Kue Tart
Selain menyediakan roti, kue tradisional, dan kue tart untuk penjualan secara retail di outlet-outlet kami, Laritta Bakery juga menerima pemesanan roti, kue tradisional, dan kue tartuntuk event spesial Anda. Laritta Bakery telah berpengalaman untuk menyediakan produk dalam jumlah besar untuk berbagai acara dengan tetap mempertahankan standar kualitas Laritta Bakery.
Pemesanan dapat dilakukan dengan cara datang ke salah satu outlet kami, melalui hotline telepon, maupun melalui website ini. Anda bebas memilih untuk mengambil pesanan Anda di salah satu outlet Laritta (saat ini kami telah memiliki 9 outlet yang tersebar di Surabaya). Selain itu, dengan minimal nilai pemesanan tertentu, kami dapat mengirimkan pesanan langsung ke tempat Anda.
Alasan mengapa memesan roti di Laritta Bakery merupakan pilihan terbaik bagi Anda:
  • Sering Menangani Pesanan Dalam Jumlah Sangat Besar
    Kapasitas produksi Laritta Bakery dapat memenuhi pesanan hingga 35.000 roti dalam satu hari. Pemesanan dapat dilakukan paling lambat 24 jam (1 hari) sebelum waktu pengambilan/ pengiriman pesanan.
  • Produk Selalu Baru & Segar
    Kami menjumpai banyak produsen roti yang menyimpan stock roti selama lebih dari 1 hari ketika mereka menerima pesanan dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan karena kapasita produksi yang tidak memadai. Tapi, Laritta Bakery melakukan yang lebih baik untuk Anda. Seluruh roti pesanan di Laritta Bakery dijamin baru karena diproduksi kurang dari 24 jam dari waktu pengambilan/ pengiriman pesanan.
  • Pilihan Produk dan Harga Beragam
    Laritta Bakery menyediakan lebih dari 243 varian produk utama mulai dari harga Rp.3.000,-. Dengan tersedianya beragam pilihan produk, Anda lebih bebas memilih varian produk yang sesuai untuk event spesial Anda.
  • Layanan Pesan Antar Luar Kota
    Jika acara Anda dilaksanakan di wilayah di luar lokasi outlet Laritta Bakery (Surabaya), Anda tidak perlu khawatir. Laritta Bakery menyediakan layanan kirim hingga luar kota. Saat ini, kami dapat mengirim pesanan roti hingga Malang, Batu, Gresik, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Lamongan, Tuban, Probolinggo, Jombang, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Mojokerto. Anda juga berhak memperoleh gratis ongkos kirim jika memenuhi minimal nominal pemesanan tertentu.
  • Gratis Kemasan Eksklusif
    Harga produk kami sudah meliputi kemasan (box) eksklusif sehingga tampak mewah ketika Anda menyajikannya di acara spesial Anda. Selain itu, kami dapat menyediakan kemasan (box) dengan desain khusus untuk pesanan dalam jumlah tertentu (tanpa biaya tambahan).
  •  
    • Halal
      Seluruh produk Laritta Bakery sudah disertifikasi halal oleh MUI (Majelis Ulama )Indonesia) dengan nomor sertifikat 07200037631116.
    Membership
    Untuk memanjakan pelanggan setia Laritta, kami menyediakan fasilitas membership dengan berbagai keuntungan:
    • Promo Khusus Member Tiap Bulan
      Kami selalu menyedian promo khusus untuk member setiap bulan. Dengan promo yang beragam member Laritta akan selalu mendapat keistimewaan dan manfaat lebih ketika berbelanja di Laritta Bakery. Promo tersedia untuk penjualan secara retail (langsung membeli di outlet kami) maupun untuk pemesanan. Anda dapat mengikuti informasi promo yang berlaku bulan ini dengan memantau halaman informasi
      Promo Laritta,dengan Like halaman resmi Facebook Laritta, atau Follow Instagram Laritta.
    • Diskon 40% untuk Pembelian Kue Tart
      Setiap member Laritta berhak atas diskon 40% untuk pembelian kue tart. Diskon tersebut dapat digunakan untuk pembelian kue tart baik bagi member yang bersangkutan maupun untuk diberikan pada kerabat. Diskon khusus ini dapat digunakan sebanyak 1 kali selama setahun.
    • Point untuk Tiap Transaksi
      Laritta memberikan 1 point untuk setiap Rp.2.500,- yang dibelanjakan member Laritta. Akumulasi point tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai merchandise Laritta.

    Untuk menjadi member Laritta, Anda hanya perlu datang ke salah satu outlet kami dengan membawa kartu identitas (KTP/SIM). Biaya registrasi member adalah Rp.25.000,- atau dapat diperoleh secara GRATIS dengan transaksi minimal Rp.250.000,-.

    Layanan Kirim GRATIS Hingga Luar Kota (Jawa Timur)
    Kami menyediakan layanan kirim gratis hingga luar kota Surabaya dengan syarat minimal nominal transaksi. Jika pesanan Anda tidak mencapai minimal nominal transaksi yang ditentukan, kami dapat membantu mengirimkan dengan biaya kirim tambahan. Silakan lakukan konfirmasi kepada staff kami untuk mengetahui rincian tarif pengiriman ke tujuan kirim Anda.

    STRATEGI KEPUASAN PELANGGAN
    Rita dan Albert sadar bahwa perkembangan pesat Laritta tidak lepas dari dukungan para pelanggan setia Laritta. Hingga saat ini, mereka terus berhubungan baik dengan pelanggan-pelanggan lama dan berusaha mengenal pelanggan barunya dengan lebih baik.
    Setiap kritik dan saran dari pelanggan ditanggapi dengan cepat dan solutif. Albert sadar bahwa kritik dan saran pelanggan sangat berarti bagi Laritta agar dapat melayani pelanggannya dengan lebih baik. Laritta terus berusaha untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan untuk dapat meningkatkan kepuasan setiap pelanggannya.

    VISI MISI  LARITTA BAKERY

    VISI :
    Menjadi Perusahaan  yang TERDEPAN & TERBAIK dalam usaha roti, kue, dan makanan. Baik dari cita rasa produk dengan mutu kualitas tinngi dan variatif serta sumber daya manusia yang mampu melakukan pelyanan dan penyajian terbaik dengan tujuan untuk dapat memuaskan pelanggan

    MISI :
    ·         Menyajikan roti, kue & makanan yang bercita rasa
    ·         Memberikan kepuasan pelanggan dengan cepat, tepat dan santun
    ·         Menunjukan komitmen yang nyata dalam pengembangan sumber daya manusia secara berkesinambungan

    TUJUAN :
    ·         Menjadikan roti, kue dan makanan cepat saji produksi anak negri
    ·         Mempelapori peluasan usaha produksi roti, kue dan makanan ke level regional dan internasional
    ·         Mengoprasikan kegiatan usaha yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang sehat dan bergizi, serta daya saing yang kuat untuk terus meningkatkan penjualan produk hingga sampai ujung dunia

    SASARAN :

    ·         Selalu berusaha mengembangkan usahanya tiap tahunnya agar memperoleh laba lebih dari yang ditargetkan
    ·         Mengevaluasi apabila terjadinya penurunan omzet dengan mencari penyebab sehingga dapat melakukan perbaikan agar mencapai target yang diberikan.
    ·         Memberikan banyak promo untuk menarik daya minat konsumen


    ANALISIS KOMPETENSI (SUMBER DAYA SAING)


    ANALISA SWOT 
    Laritta Bakery ini mempunyai kualifikasi dan dapat dianalisa dengan analisa SWOT sebagai berikut:

    Strength (kekuatan)
     

    1.       Laritta Bakery merupakan brand yang sudah terkenal baik di Jakarta dan Surabaya
    2.       Jangkauan pemasaran yang sangat luas
    3.       Rasa serta tekstur roti yang lembut
    4.       produk kelas (berbagai macam varian roti),
    5.       Mampu menjual melalui sistem jaringan online
    6.       Memiliki karyawan yang profesional
    7.       Brand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modern
    8.       Produknya yang fresh dan terasa enak di lidah
    9.       Memiliki tempat yang bersih dan nyaman
    10.   Aroma roti yang menggiurkan
    11.   Peralatan yang bersih dan higienis serta koki-koki yang cekatan
    12.   Selalu mengikuti moment special dan menciptakan varian baru dimomen tersebut

    Weakness (kelemahan)
    1.       Kalangan menengah sampai menengah ke atas
    2.       Tidak tahan lama
    3.       Tidak ada unitynya pada kemasan produknya
    4.       Struktur organisasi yang terlalu luas
    5.       Manajemen yang cukup rumit
    6.       Layanan pesan antar yang masih kurang
    7.       Promosi dan iklan belum menyeluruh kepada masyarakat
    8.       Produk masih kurang berfariasi
    Opportunity (peluang)
    1.       Menjaga kualitas produk dan menjaga kepercayaan masyarakat
    2.       Suplai bahan produksi banyak tersedia
    3.       Peluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat yang sangat besar
    4.       Belum terlalu banyak kompetitor untuk insustri roti berskala besar yang menggunakan fasilitas produksi berkualitas tinggi pada proses produksinya
    5.       Perubahan pola makan masyarakat  yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasi
    6.       Kegiatan bisnis yang semakin meluas
    7.       Roti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari
    8.       Adanya berbagai fasilitas teknologi seperti computer yang difungsikan untuk menjual produk, sehingga dengan demikian pekerjaan dalam penjualan lebih efisien

    Threat (ancaman)
    1.       Banyaknya persaingan yang ada, bahakan terkadang terkesan meniru demi merebut pasaran di masyarakat.
    2.       Banyaknya pesaing yang melakukan cara kotor seperti menjatuhkan nama produk dengan melontarkan pernyataanpernyataan yang tidak benar
    3.       Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
    4.       Kegiatan layanan yang inivatif dan menarik
    5.       Perubahan  teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyak
    6.       Banyak outlet-outlet yang sudah modern yang menjadi daya saing Holland Bakery
    7.       Harga pasaran yang seringkali berubah-ubah menjadi ancaman bagi Holland Bakery
    8.       Selera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempat

    9.       Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelanggan

    Analisa SMART Laritta Bakery

    ·         Simple :
    Sebagai Pelopor international Produk Yang Berkonsep Gaya Sehat
    Pembuktian :
    Bisa dilihat dari TUJUAN Perusahaan yaitu  untuk Mengoprasikan kegiatan usaha yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi yang sehat dan bergizi, serta daya saing yang kuat untuk terus meningkatkan penjualan produk hingga sampai ujung dunia .dari tahun ke tahun semakin meningkat terlihat dari berbagai penghargaan yang diperolehnya dan laba bersih serta minat konsumen akan kebutuhan roti.

    ·         Measurable :
    Jelas, nyata dan mampu menjadi motivasi bagi karyawan-karyawannya
    Pembuktian :
    Bisa dilihat dari visi perusahaan yaitu terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan. Menjadi Perusahaan  yang TERDEPAN & TERBAIK dalam usaha roti, kue, dan makanan. Baik dari cita rasa produk dengan mutu kualitas tinngi dan variatif serta sumber daya manusia yang mampu melakukan pelyanan dan penyajian terbaik dengan tujuan untuk dapat memuaskan pelanggan. Hingga mampu membuat perusahaan Laritta Bakery tetap terus berkembang setiap tahunnya.
    ·         Aplikabel :
    Layak atau perusahaan yang mampu mewujudkan niatnya
    Pembuktian :
    Larrita Bakery mampu untuk mencapai tujuan yang diinginkan Perusahaan dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki dan begitu banyak outlet-outlet  di Surabaya Sehingga membuat nama Laritta  Semakin Besar


    ·         Reliabel :
    Sesuai dengan harapan dan perkembangan jaman atau realita kehidupan masyarakatnya
    Pembuktian :
    Konsep Modern outlet Merupakan aplikasi guna menarik pelanggan Larrita Bakery dengan konsep-konsep yang selalu modern akan semakin banyak pelanggannya karena Kenyamanan saat Berbelanja Menjadi sesuatu yang diperhatikan oleh manajemen.
    Selain itu . Laritta Bakery menyediakan layanan kirim hingga luar kota.

    ·         Time Able :
    Memiliki tenggang waktu untuk mencapai tujuannya
    Pembuktian :
    Laritta Bakery mampu mencapai tujuannya setiap tahunnya bisa dilihat dari omzet pertahunnya.



    ANALISIS DAYA SAING PT LARITTA BAKERY


    1.       Sumber daya yang dimiliki :
    1. Berwujud
    • Memiliki banyak cabang outlet di surabaya
    • Memiliki tempat memproduksi roti
    • Memiliki segmentasi produk yg beragam mulai untuk kegitan pesta, kajian, dll
    • Bahan produk berkualitas dan tahan lama
    • Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi roti
    • Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak yang tersebar di Surabaya
    • Memiliki pelayanan  pesan antar luar kota
    1. Tak berwujud
    Sertifikat HALAL dari MUI Indonesia
    2.       Kemampuan Kumpulan Sumber Daya
    • Memiliki banyak cabang store
    • Saluran distribusi yang luas dan memiliki outlet yang banyak di Surabaya
    • Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
    • Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi roti
    • Memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
    3.       Kopetisi Inti Sumber Keunggulan Bersaing
    • Memiliki teknologi dan peralatan yang canggih serta modern untuk memproduksi
    • Memiliki pegawai yang etos kerja tinggi, disiplin dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing
    • Memiliki penampilan gerai yang menarik, furniture terbaru dan desain toko yang modern.
    4.       Keunggulan bersaing Yang Berkesinambungan
          Kami selalu menyedian promo khusus untuk member setiap bulan. Dengan promo yang beragam member Laritta akan selalu mendapat keistimewaan dan manfaat lebih ketika berbelanja di Laritta Bakery. Promo tersedia untuk penjualan secara retail (langsung membeli di outlet kami) maupun untuk pemesanan. Anda dapat mengikuti informasi promo yang berlaku bulan ini dengan memantau halaman informasi Promo Laritta,dengan Like halaman resmi Facebook Laritta, atau Follow Instagram Laritta

    5.       Daya Saing
    Dengan produk yang bersertifikat halal dan tempat yang layak dan menarik dengan memiliki ciri khas outlet modern akan meningkatkan nilai tambah perusahaan. Laritta Bakery mengutamakan cita rasa roti berkualitas tetapi dengan harga terjangkau, karena cita rasa yang berkualitas tidak harus selalu dengan harga yang mahal.



    TABEL IFAS & EFAS
    KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE STENGTH

    FAKTOR INTERNAL
    STRENGHT
    Manajemen
     Sesuai dengan organisasi yang berlaku
    Produksi
    Produknya yang fresh dan terasa enak di lidah
    Brand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modern
    Marketing
    Jangkauan pemasaran yang sangat luas
    Fasilitas
    Tempat yang bersih dan nyaman
    Teknologi
    Mampu menjual melalui sistem jaringan online
    Distribusi
    Jenis roti yang beragam
    SDM
    Memiliki karyawan yang professional

    KUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KEKUATAN (STRENGHT)

    FAKTOR STRATEGIS
    NILAI
    BOBOT
    RATING
    SKOR
    Sesuai dengan organisasi yang berlaku
    2
    0,08
    3
    0,24
    Produknya yang fresh dan terasa enak di lidah
    Brand sudah kuat dan logo mencerminkan toko roti yang modern
    3
    4
    0,12
    0,16
    3
    3
    0,36
    0,48
    Jangkauan pemasaran yang sangat luas
    3
    0,12
    3
    0,36
    Tempat yang bersih dan nyaman
    3
    0,12
    2
    0,24
    Mampu menjual melalui sistem jaringan online
    3
    0,12
    2
    0,24
    Jenis roti yang beragam
    3
    0,12
    2
    0,24
    Memiliki karyawan yang profesional
    4
    0,16
    3
    0,48
    TOTAL
    25
    1
    21
    2,64

    UKURAN PEMBOBOTAN
    UKURAN RATING
    1 = Sedikit Penting
    2 = Agak Penting
    3 = Penting
    4 = Sangat Penting
    1 = Sedikit Kuat
    2 = Agak Kuat
    3 = Kuat
    4 = Sangat Kuat




    KONDISI INTERNAL PERUSAHAAN STRATEGI ADVANTAGE PROFILE WEAKNESS
    FAKTOR INTERNAL
    WEAKNESS
    Produksi
    Tidak tahan lama
    Produk kurang berfariasi
    Tidak ada unitnya pada kemasan
    Promosi
    Promosi dan iklan belum menyeluruh kepada masyarakat
    Distribusi
    Layanan antar kurang
    Struktur Organisasi
    Struktur organisasi yang terlalu luas
    SDM
    Manajemen yang cukup rumit




    KUISIONER INTERNAL FACTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI KELEMAHAN (WEAKNESS)
    FAKTOR STRATEGIS
    NILAI
    BOBOT
    RATING
    SKOR
    Tidak tahan lama
    Produk kurang berfariasi saat di hidangkan
    3
    3
    0,23
    0,23
    -2
    -2
    -0,46
    -0,46
    Layanan antar kurang
    3
    0,23
    -2
    -0,46
    Struktur organisasi yang terlalu luas
    2
    0,15
    -3
    -0,45
    Manajemen yang cukup rumit
    2
    0,15
    -3
    -0,45
    TOTAL
    13
    1
    12
    -2,28







    UKURAN PEMBOBOTAN
    UKURAN RATING
    1 = Sedikit Penting
    2 = Agak Penting
    3 = Penting
    4 = Sangat Penting
    -1 = Sedikit Lemah
    -2 = Agak Lemah
    -3 = Lemah
    -4 = Sangat Lemah


    TOTAL SKOR TABEL IFAS
    = TOTAL SKOR KEKUATAN (STRENGHT) + TOTAL SKOR KELEMAHAN (WEAKNESS)
    2,64 + (-2,28) = 0,36




    KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL (ETOP) OPPORTUNITY
    FAKTOR EKSTERNAL
    OPPORTUNITY
    Politik
    Peluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat Indonesia yang sangat besar
    Ekonomi
    Kegiatan bisnis yang semakin meluas
    Social Kultur
    Roti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari
    Perubahan pola makan masyarakat Indonesia khusunya di kota-kota besar yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasi
    Supplier
    Suplai bahan produksi banyak tersedia


    KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI PELUANG (OPPORTUNITY)
    FAKTOR STRATEGIS
    NILAI
    BOBOT
    RATING
    SKOR
    Peluang pasar industri roti tinggi dengan populasi masyarakat Indonesia yang sangat besar
    3
    0,20
    2
    0,40
    Kegiatan bisnis yang semakin meluas
    3
    0,20
    2
    0,40
    Roti mulai menjadi kebutuhan masyarakat sehari – hari
    Perubahan pola makan masyarakat Indonesia khusunya di kota-kota besar yang mulai mengkonsumsi roti disamping nasi
    3

    3
    0,20

    0,20
    2

    2
    0,40

    0,40
    Suplai bahan produksi banyak tersedia
    3
    0,20
    2
    0,40
    TOTAL
    15
    1
    10
    2,00

    UKURAN PEMBOBOTAN
    UKURAN RATING
    1 = Sedikit Penting
    2 = Agak Penting
    3 = Penting
    4 = Sangat Penting
    1 = Sedikit Peluang
    2 = Agak Peluang
    3 = Peluang
    4 = Sangat Peluang



    KONDISI EKSTERNAL PERUSAHAAN ENVIROMENTAL THREAT AND OPPORTUNITY PROFIL (ETOP) THREAT
    FAKTOR EKSTERNAL
    THREAT
    Teknologi
    Perubahan teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyak
    Pesaing
    Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelanggan
    Social Kultur
    Selera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempat


    KUISIONER EKSTERNAL FAKTOR ANALYSIS STRATEGI UNTUK MENGETAHUI ANCAMAN (THREAT)
    FAKTOR STRATEGIS
    NILAI
    BOBOT
    RATING
    SKOR
    Perubahan teknologi yang semakin meningkatkan membuat daya saing semakin banyak
    3
    0,33
    -2
    -0,66
    Persaingan dalam tingkat pelayanan dan fasilitas terhadap pelanggan
    3
    0,33
    -2
    -0,66
    Selera dan cita rasa masyarakat Indonesia yang cukup beragam tergantung budaya setempat
    3
    0,33
    -2
    -0,66
    TOTAL
    9
    1
    6
    1,98

    UKURAN PEMBOBOTAN
    UKURAN RATING
    1 = Sedikit Penting
    2 = Agak Penting
    3 = Penting
    4 = Sangat Penting
    -1 = Sedikit Peluang
    -2 = Agak Peluang
    -3 = Peluang
    -4 = Sangat Peluang


    TOTAL SKOR TABEL EFAS
    = TOTAL SKOR PELUANG (OPPORTUNITY) + TOTAL SKOR ANCAMAN (THREAT)
    2,00 + (-1,98) = 0,02

    DIAGRAM SWOT (LARITTA BAKERY)




     




    Berdasarkan nilai bobot dan rating setiap unsur matrik di atas,  maka  diketahui bahwa posisi perusaaahn saat ini berada pada kuadran I, yaitu kuadran combination yang terletak pada titi koordinat (0.02,0.36).



    KUADRAN
    POSISI TITIK
    LUAS MATRIK
    RANKING
    PRIORITAS STRATEGI
    I(SO)
    2,64;2,00
    5,28
    1
    GROWTH
    II(ST)
    2,64;1,98
    5,22
    2
    COMBINATION
    III(WT)
    2,28;1,98
    4,51
    4
    RENTRECHMENT
    IV(WO)
    2,28;2,00
    4,56
    3
    STABILITY

    1.       Pada kuadran I (SO Strategi) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
    2.       Pada kuadran II (ST Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
    3.       Pada kuadran  III (WO Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
    4.       Pada kuadran IV (WT Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.

    MATRIKS SWOT

    STRENGHT
    (KEKUATAN)
    WEAKNESS
    (KELEMAHAN)

    Tenaga SDM yang profesional
    Layanan Delivery yang masih kurang
    OPPORTUNITY
    (PELUANG)
    Dibandingkan dengan kompetitor lain produk Holland Bakery lebih fresh
    STRATEGI S-O
    Pengembangan produk yang lebih bervariasi, bisa menciptakan produk baru saat ada spesial moment
    STRATEGI W-O
    Lebih dikembangkan lagi agar masyarakat mengetahui semua produk yang ditawarkan
    THREAT
    (ANCAMAN)
    Semakin banyaknya usaha roti yang sejenis
    STRATEGI S-T
    Harga diharapkan dapat menjangkau pada semua kalangan masyarakat bukan hanya kalangan atas saja
    STRATEGI W-T
    Kegiatan promosi harus lebih ditingkatkan agar masyarakat mengetahui apa saja produk yang ditawarkan serta tarif yang terjangkau



    VARIASI STRATEGI

    STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN I :
    Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan.
    Pengembangan Produk ( Product Development)
    Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.
    Strategi yang digunakan :
    1. Peluncuran Varian Baru Chocolate Cherry Cake, Fruit Cake special, dan Cranberry Toffee Brownis dan menu yang paling unggul salah satunya adalah lapis legit
    2. Dibandingkan dengan produk pesaing, Larrita Bakery, mampu membuat konsumen lebih nyaman dan unggul dari sisi kualitas, inovasi, rasa, harga, karena terbuat dari bahan dasar yang fress dan berkualitas tinggi.
    3. Perusahaan memiliki kemampuan riset dan pengembangan, yaitu survey langsung kelapangan
    Kaitannya dengan kuadran I ( SO Strategi )
    Produsen lain belum memikirkan pengembangan produk yang memberikan perlengkapan dan peralatan yang canggih dan bagaimana menekankan produk pada titik kualitas yang lebih diutamakan. Larrita Bakery menjadi pelopor yang mengambil kesempatan tersebut untuk memberikan kepercayaan dan kenyamanan konsumen terhadap produk Larrita Bakery.

    STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN II :
    Pada Kuadran II ( S T Strategi) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
    Diversifikasi Horisontal (Horizontal Diversification)
    Menabah produk baru yang tidak berhubungan dengan tujuan memuaskan pelanggan yang sama.
    Strategi yang digunakan :
    1. Membuat Image Larrita Bakery lebih terkenal di masyarakat, sehingga konsumen lebih tertarik pada Larrita Bakery
    2. Terus menerus melakukan inovasi produk agar tidak kalah dengan kompetitor lainnya
    3. Perhatian lebih pada kualitas, produk, inovasi dan kepemimpinan harga dengan tetap mengedepankan kualitas.
    Kaitannya dengan Kuadran II ( ST Strategi)
    Meningkatkan total penjualan dan profit perusahaan untuk mampu bersaing dengan produsen sejenis dari luar kota yang lebih terkenal sehingga Larrita Baakery lebih terkenal dimasyrakat, dengan cara terus menerus melakukan inovasi produk yang lebih memperhatikan kualitas, produk kepemimpinan harga yang tetap mengedepankan kualitas cita rasa.

    STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN III :
    Pada Kuadran III ( W O Strategi) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagai acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
    Pengembangan Produk (Product Development)
    Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.
    Strategi yang digunakan :
    1. Peluncuran produk baru yang kualitasnya lebih unggul di kalangan masyarakat
    2. Dibandingkan dengan produk pesaing, Larrita Bakery diproses agar lebih fress, lembut, dan tahan lama karena bahan dasar yang digunakan berkualiatas tinggi.
    3. Larrita Bakery tidak perlu melakukan survy dalam hal pengembangan produknya karena Larrita Bakery memiliki anak perusahaan yang segmen pasar dikalangan pekerja, mahasiswa, dan anak sekolahan.
    Kaitannya dengan Kuadran III (WO Strategi) :
    Presepsi pelanggan dengan Larrita Bakery cenderung memiliki harga yang berfariasi, namun saat Larrita Bakery menyediakan produk-produk baru dengan harga lebih terjangkau namun tidak menurunkan kualitas produk. Sehingga tetap menarik konsumen kelas menengah untuk membeli produk Larrita Bakery yang memiliki nama dan kepercayaan sebagai produk yang berkualitas dan inovatif.

    STRATEGI MANAJER PERUSAHAAN DAN KAITANNYA DENGAN KUADRAN IV :
    Pada Kuadran IV (W T Strategi) meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
    Diversifikasi Konglomerat (Conglomerate Diversification) :
    Menambah produk-produk baru yang tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.
    Strategi yang digunakan :
    Menambah produk baru dengan cara mengembangkan ide-ide baru, pemberian discound, dan menambah kapasitas yang lebih besar dari produk yang sudah ada.

    Kaitannya dengan kuadran IV (WT Strategi):
    Dengan berfokus kepada produk yang diminati konsumen, perusahaan dapat mengembangkan dana yang ada untuk mengembangkan produk baru dengan inovasi terbaru yang diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk pertumbuhan Larrita Bakery.

    ANALISIS STRATEGI BISNIS UNIT


    Strategi Bisnis Unit (SBU) yang diterapkan menciptakan produk baru yang berkualitas tinggi dengan harga-harga yang lebih terjangkau.
    Strategi yang dilakukan dengan menambah adanya produk baru tetapi masih terkait dengan produk saat ini dan memiliki terkaitan dalam kesamaan.
    Contohnya :
     yang memiliki kualifikasi :
    • ·         Berbahan ringan
    • ·         Tekstur lembut
    • ·         Tidak berkalori tinggi
    • ·         Aroma yang cukup pekat di lidah


    DIFFERENSIASI
    Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada membangun persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image brand, bahan ataupun pelayanan.
    Strategi  Differensiasi ini dipilih karena :
    1.       Ketrampilan dan Sumber Daya Umum yang diperlukan
    • Jaringan distribusi penyebaranproduk, outlet yang hampir banyak disetiap kota Surabaya dan sekitarnya
    • Mampu memproduksi roti dan cita rasa yang berkualitas
    • Pembagian divisi kerja yang jelas
    2.       Bakat yang kreatif, perekayasaan produk, kemampuan yang kuat dalam riset dasar
    Larrita Bakery memiliki segala sumberdaya untuk melakukan perekayasaan produk untuk menghasilkan produk inovasi yang lebih berkualitas lagi
    3.       Strategi yang lama dalam industri atau gabungan yang unik dari ketrampilan yang diambil dari usaha-usaha yang lain
    • Awal mula berdirinya Larrita, hanya memiliki beberapa varian produk roti dan saat ini Larrita Bakery telah memproduksi begitu banyak varian roti
    • Larrita Bakery memiliki produk yang berkualitas dan akan dikembangkan terus
    5.       Kerjasama yang kuat dari saluran-saluran diseluruh provinsi yang ada di Indonesia
    VALUE CHAIN BERBASIS ANGGARAN (BUDGETING)
    1. Anggaran Penjualan
    Untu memudahkan, saya mengambil contoh produk dari LARRITA BAKERY yaitu donat.

    Laporan 1
    Larrita Bakery
    Anggaran Penjualan
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

    Kuartal
    Tahun
    1
    2
    3
    4
    5
    Unit
    1.000
    1.500
    1.800
    2.200
    2.500
    9.000
    Harga jual per unit
    6.000
    6.000
    6.000
    6.000
    6.000
    6.000
    Anggaran penjualan
    6.000.000
    9.000.000
    10.800.000
    13.200.000
    15.000.000
    54.000.000

    2. Anggaran Produksi
    ·         Anggaplah kebijakan perusahaan mensyaratkan 30% penjualan kuartal berikutnya harus tersedia di persediaan akhir. Persediaan awal donat untuk kuartal pertama berjalan adalah 200 donat.
    ·         Perusahaan menginginkan adanya 450 donat dalam persediaan akhir di akhir kuartal pertama (30% x 1.500 = 450)
    Laporan 2
    Holland Bakery
    Anggaran Produksi
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

    Kuartal
    Tahun
    1
    2
    3
    4
    5
    Penjualan
    pers.Akhir yg diinginkan
    1.000
    450
    1.500
    470
    1.800
    490
    2.200
    500
    2.500
    400
    9.000
    400
    Jmlh kebutuhan
    Dikurangi: pers.Awal
    1.450
    (200)
    1.970
    (250)
    2.290
    (300)
    2.700
    (350)
    2.900
    (400)
    9.400
    (200)
    Unit yg diproduksi
    1.250
    1.720
    1.990
    2.350
    2.500
    9.200

    3. Anggaran Pembelian Bahan Baku
    ·         Anggaplah tiap Tepung (seharga Rp. 7.500) dan Minyak Goreng (seharga Rp. 8.500)
    ·         Kebijakan perusahaan memiliki 20% dari kebutuhan produksi bulan berikutnya
    ·         Asumsikan pabrik memiliki 2,5 kg Tepung dan 250 L Minyak Goreng
    ·         Dalam satuan unit pabrik membutuhkan 5 sendok Tepung dan 200 ml Minyak Goreng

    Laporan 3
    Larrita Bakery
    Anggaran Pembelian Bahan Baku Langsung
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

    Kuartal
    Tahun
    1
    2
    3
    4
    5
    Tepung
    Unit yg diproduksi
    Bahan baku langsung perunit

    1.250

    5

    1.720

    5

    1.990

    5

    2.350

    5

    2.500

    5

    9.200

    5
    Kebutuhan produksi
    Pers.akhir yg diinginkan
    6.250

    250
    8.600

    300
    9.950

    350
    11.750

    400
    12.500

    450
    46.000

    450
    Jmlh kebutuhan
    Dikurangi: Pers.awal
    6.500

    200
    8.900

    250
    10.300

    300
    12.150

    350
    12.950

    400
    46.450

    200
    Bahan baku langsung yg dibeli
    Biaya pertepung
    6.300


    7.500
    8.650


    7.500
    10.000


    7.500
    11.800


    7.500
    12.550


    7.500
    46.200


    7.500
    Jmlh biaya pembelian tepung

    Minyak Goreng
    Unit yg diproduksi
    Bahan baku langsung perunit
    47.250.000





    1.250

    200
    64.875.000





    1.720

    200
    75.000.000





    1.990

    200
    88.500.000





    2.350

    200
    94.125.000





    2.500

    200
    346.500.000





    9.200

    200
    Kebutuhan produksi
    Pers.akhir yg diinginkan
    1.450

    250
    1.920

    200
    2.190

    280
    2.550

    300
    2.700

    325
    9.400

    325
    Jmlh kebutuhan
    Dikurangi: pers.awal
    1.700

    250
    2.190

    300
    2.470

    325
    2.850

    350
    3.025

    375
    9.725

    400
    Bahan baku langsung yg dibeli
    Biaya perminyak goreng
    1.950


    8.500
    2.490


    8.500
    2.795


    8.500
    3.200


    8.500
    3.400


    8.500
    10.125


    8.500
    Jmlh biaya pembelian minyak goreng

    Jmlh biaya pembelian bahan baku langsung
    16.575.000




    63.825.000
    21.165.000




    86.040.000
    23.757.500




    98.757.500
    27.200.000




    115.700.000
    28.900.000




    123.025.000
    86.062.500




    432.562.500
    6         


    4. Anggaran Tenaga Kerja Langsung
    ·         Anggap saja 100 pc membutuhkan 8 jam tenaga kerja langsung, maka watu tenaga kerja langsung per donat adalah 0,8 jam (8/100 = 0,8)
    ·         Untuk wilayah Surabaya anggap saja gajinya Rp. 2.800.000 maka Rp. 2.800.000/30 = Rp. 93.333
    ·         Rp. 93.333/8 jam kerja = Rp. 11.667 (pembulatan)

    Laporan 4
    Larrita Bakery
    Anggaran Tenaga Kerja Langsung
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

    Kuartal
    Tahun
    1
    2
    3
    4
    5
    Unit yg di produksi
    jam tenaga krj langsung per unit
    1.250

    0,8
    1.720

    0,8
    1.990

    0,8
    2.350

    0,8
    2.500

    0,8
    9.200

    0,8
    Jmlh jam yg dibutuhkan
    Rata-rata upah per jam
    870

    11.667
    1.170

    11.667
    1.570

    11.667
    1.670

    11.667
    1.500

    11.667
    3.170

    11.667
    Jmlh biaya tenaga krj langsung
    10.150.290
    13.650.390
    18.317.190
    19.483.890
    17.500.500
    36.984.390

    5. Anggaran Overhead
    ·         Anggap saja kebijakan perusahaan menetapkan tarif overhead variabel adalah Rp. 2.000 per jam
    ·         Tenaga kerja langsung dan overhead tetap dianggarkan Rp. 5.000.000 (Rp. 1.000.000 per kuartal)

    Laporan 5
    Larrita Bakery
    Anggaran Overhead
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017

    Kuartal
    Tahun
    1
    2
    3
    4
    5
    Jam tenaga krj langsung yg dianggarkan
    Tarif overhead variable
    870

    2.000
    1.170

    2.000
    1.570

    2.000
    1.670

    2.000
    1.500

    2.000
    3.170

    2.000
    Overhead variable yg dianggarkan
    Overhead tetap yg dianggarkan
    1.740.000

    1.000.000
    2.340.000

    1.000.000
    3.140.000

    1.000.000
    3.340.000

    1.000.000
    3.000.000

    1.000.000
    6.340.000

    5.000.000
    Jmlh overhead
    2.740.000
    3.340.000
    4.140.000
    4.340.000
    4.000.000
    11.340.000

    6. Anggaran Persediaan Akhir Barang Jadi
    Laporan 6
    Larrita Bakery
    Anggaran Persediaan Akhir Barang Jadi
    Untuk Tahun Berakhir 31 Desember 2017
    Perhitungan biaya perunit :
       Bahan baku langsung   (2.000+Rp 10.000)
       Tenaga kerja langsung (0,8 jam @Rp 11.667)
    Overhead :
       Variabel                        (0,8 jam @Rp 2.000)
       Tetap                             (0,8 jam @Rp 1.578)

    Rp 12.000
    Rp 9.334

    Rp 1.600
    Rp 1.262
    Jumlah biaya per unit
    Rp 24.196



FLOWCHAT
CUSTOMER
PRAMUNIAGA
KOKI
KASIR
CUST datang ke toko
DITERIMA CUSTOMER
ORDER
CUST datang ke toko
PACKING
CEK STOK
MENERIMA
ORDER
PRODUKSI
PEMBAYARAN



ANALISIS PERSAINGAN (DAYA SAING)

TABEL ANALISA PERSAINGAN HOLLAND BAKERY DENGAN PESAING USAHA KAMPOENG ROTI
4P
KAMPOENG ROTI
Larrita Bakery
KETERANGAN
ACTION PLAN
PRICE
Lebih murah
Standart
Harga produk Kampoeng Roti lebih kompetitif dan dapat dijangkau oleh konsumen
Meluncurkan varian-varian baru dengan harga yang terjangkau namun tidak mengurangi segi kualitas
PLACE
Tertentu
Tertentu
Hampir disemua kota ada outlet Larrita Bakery karena penyebarannya cukup luas
Mempertahankan dan memanfaatkan keunggulan tempat yang strategis
PRODUK
Unggul dari sisi harga yang lebih rendah dibandingkan Larrita Bakery
Unggul dari sisi rasa, bergizi, berkualitas, dan varian yang lebih modern
Posisi Kampoeng Roti cukup mengancam jika konsumen mencari harga yang lebih murah
Melakukan inovasi secara terus menerus dan meluncurkan beberapa varian baru dengan harga murah namun tidak mengurangi segi kualitas
PROMOTION
Brosur dan media sosial
Website, pamflet, brosur, door to door, da
Larrita Bakery memiliki sistem promosi yang cukup luas
Melakukan promosi yang efektif dan efisien serta ekonomis


   COST ADVANTAGE
DIFFERENTIATION ADVANTAGE
MARKETING ADVANTAGE
Variable Cost :
Larrita Bakery memaksimalkan setiap biaya yang dianggarkan untuk memenuhi produk yang berkualitas
Product Advantage :
Produk yang dibuat Larrita Bakery bersifat halal, enak, bergizi dan berkualitas. sangat cocok untuk kebutuhan sehari-hari
Channel Advantage :
Laarita Bakery berkerja sama dengan para pemasok yang memiliki bahan-bahan produksi yang berkualitas
Marketing Cost :
Larrita Bakery mampu menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sama karena telah memiliki reputasi yang baik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk pemasaran
Service Advantage :
Larrita Bakery memberikan pelayanan yang didukung oleh para pemimpin yang handal dan ahli dibidangnya
Sales Foerce Advantage :
Pangsa pasar meluas hingga luar negri
Operating Cost :
Biaya operasional Larrita Bakery relatif lebih rendah dari pada pesaing
Reputation Advantage :
Larita Bakery memiliki reputasi produk yang berkualitas tinggi
Brand Awareness :
Larrita Bakery mampu membuat pembeli potensial untuk mengenali atau mengingat bahwa Larrita Bakery termasuk Brand kebutuhan sehari-hari

KETENTUAN



PROGRAM
INDIKATOR
UKURAN
TARGET
CAPAIAN
SKOR KINERJA
Meningkatkan penjualan produk
Profit pendapatan
Persentase
10%
8%
80%
Mengembangkan inovasi-inovasi varian baru
Produk yang diminati konsumen
Persentase
9%
6%
66,66%
Kepuasan pelanggan
Respon konsumen
Presentase
8%
5%
62,50%




Outlet & Cabang Laritta

Sejalan dengan komitmen Laritta Bakery untuk semakin dekat dengan pelanggan, saat ini Laritta Bakery memiliki 9 outlet yang tersebar di Kota Surabaya. Semua outlet Laritta Bakery beroperasi setiap hari mulai Pk. 06.00 - Pk.21.00.
Berikut adalah daftar alamat lengkap seluruh outlet Laritta Bakery.
Outlet Laritta Nias (Pusat)
Jl. Nias No. 132                                                                                
Surabaya
Telp: (031) 5054570
WA: 0896 1251 7407
Outlet Laritta Rungkut
Jl. Rungkut Madya No. 163
Surabaya
Telp: (031) 8715151
WA: 0895 6318 31980
Jl. Gayungsari Barat No.90
Surabaya
Telp: (031) 8292904
WA: 0896 8723 4943
Outlet Laritta Kutai
Jl. Kutai No. 56
Surabaya
Telp: (031) 5630404
WA: 0895 6281 32642
Outlet Laritta Wiyung
Jl. Raya Wiyung No. 562
Surabaya
Telp: (031) 7534224
WA: 0895 4107 76492
Outlet Laritta Dharmahusada
Jl. Dharmahusada No. 173
Surabaya
Telp: (031) 5999404
WA: 0896 9907 2803
Outlet Laritta Darmo
Jl. Raya Satelit Indah JJ10
(Sebelah Widya Merti)
Surabaya
Telp: (031) 9914 7704










Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar

tugas Management Stategik

Nama      : Lufita Widiana Nim         : 01215008 SEJARAH BERDIRINYA LARITTA BAKERY Berdirinya Laritta Bakery diawali dari sebua...